Membuat Windows/Linux Installer Pada Flash Disk Menggunakan "Universal USB Installer"

Awalnya saya berpikir flash drive hanya digunakan untuk menyimpan data saja. Pernyataan tersebut batal pada saat secara tidak sengaja saya browsing ingin mencari sesuatu yang saya perlukan untuk keperluan pekerjaan kantor. Saya menemukan software yang ukurannya mini dan mudah dalam pengoperasiannya. Yang fungsinya untuk membuat flash drive bisa digunakan untuk menginstall operating system.

Benar orang tua kita dulu sering berkata, “Banyak Jalan Menuju Roma”. Dulu, ketika kita masih menggunakan Windows versi jadul para teknisi menginstall windows dengan menggunakan disket. Seiring dengan perkembangan teknologi proses install operating system juga ikut berkembang yang awal mulanya dari disket dan cd/dvd sekarang menggunakan flash drive.

Universal USB Installer nama software tersebut. Universal USB Installer merupakan pembuat Live Linux USB yang memungkinkan Anda untuk memilih dari pilihan Distribusi Linux untuk menempatkan pada USB Flash Drive. Installer Universal USB ini mudah digunakan. Setelah saya download dan gunakan ternyata bukan hanya Linux yang didukung oleh Universal USB Installer ternyata Windows Vista dan Windows 7 juga ikut didukung.

Penggunaan Universal USB Installer sangat mudah, kita hanya cukup menyediakan Distribusi Live Linux/Windows dalam bentuk file ISO, Flash Drive Anda dan anda hanya tinggal Klik Install. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :
Pertama, siapkan master linux atau windows yang akan kita gunakan
Kedua, Masukkan Flash Drive ke port USB
Ketiga, Jalankan Universal USB Installer yang telah di download dan pilih I Agree


Keempat, Pilih jenis system operasi yang akan kita buat Installernya (lihat gambar-angka 1), tentukan lokasi master system operasi (lihat gambar-angka 2), pilih lokasi drive usb (lihat gambar-angka 3). Sebaiknya beri centang pada Format X:\Drive (Erases Content), selanjutnya klik Created (lihat gambar-angka 4)

  
Kelima, klik pilihan Yes untuk menu yang tampil seperti gambar dibawah


Keenam, Proses selanjutnya ialah proses copy master system operasi ke dalam flash drive. Tunggu sampe selesai dan Flash Drive siap digunakan.


Semoga apa yang sudah saya sampaikan bisa membantu sobat semua dan dapat lebih membuka wawasan kita terhadap dunia teknologi. Amin..

Klik disini untuk Download Universal USB Installer 1.8.6.9
Bagikan ke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: