Memahami Algoritma Google Untuk Meningkatkan Pagerank

Algoritma Google Pagerank bukanlah suatu hal yang rumit. Meskipun memang terdiri dari rumus matematik, tetapi anda tak perlu ambil pusing dengan hal ini karena untuk perhitungan pagerank sendiri telah dilakukan oleh Google tanpa kita memintanya. Namun bagi anda yang ingin menargetkan blognya untuk bisa naik ke pagerank yang lebih tinggi, sebaiknya anda memahami algoritma google untuk menaikkan pagerank blog.


Rumus algoritma google pagerank adalah sebagai berikut :
PR (A) = (1-d) + d (PR (T1) / C (T1) + … + PR (Tn) / C (Tn))

Keterangan :
PR (A) adalah PageRank dari halaman A
PR (T1) adalah PageRank dari halaman T1 yang mengarah ke A
C (T1) adalah jumlah link keluar dari halaman T1
d adalah faktor dumping dalam rentang 0 – 1, biasanya diatur dengan nilai 0,85

Dari algoritma google pagerank tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa yang mempengaruhi peningkatan pagerank blog adalah jumlah inbound link (link yang masuk ke blog kita) dan outbound link (link yang keluar dari blog kita). Jadi, jika inbound link semakin banyak akan semakin baik, dan semakin menaikkan pagerank blog. Dan outbound link semakin sedikit akan semakin baik. Dengan memahami ini, jika terdapat blog PR 4 dan terdapat outbound link sebanyak 2 salah satunya link kearah blog anda, maka 4 / 2 = 2 anda juga akan memperoleh pagerank 2 dari blog ber-pagerank tinggi tersebut.

Sebenarnya tidak sesederhana ini google dalam menghitung pagerank blog. Google juga akan memperhitungkan apakah link yang masuk tersebut masih relevan tidak dengan topic blog, atau apakah link tersebut berasal dari link yang dilarang oleh google atau tidak. Jika blog anda memperoleh banyak link yang berasal dari link yang berbahaya ini (seperti dari blog warez, ddl, porn, etc) bukan meningkatkan pagerank blog anda, tetapi menjatuhkan pagerank blog anda.

Untuk mengatur jumlah outbound link, kita bisa menggunakan url redirecting service. Ini akan membantu meminimalisasi jumlah outbound link yang terlalu banyak. Karena link yang keluar hanya satu saja dari url yang kita gunakan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: